Juli 30, 2023

Cara Menggantikan Imam Shalat Ketika Batal Shalatnya

author photo 19.16


Amr bin Maimun menceritakan,

إني لقائم ما بيني وبين عمر – غداة أصيب – إلا عبد الله بن عباس، فما هو إلا أن كبر فسمعته يقول: قتلني أو أكلني الكلب حين طعنه، وتناول عمر عبد الرحمن بن عوف فقدمه فصلى بهم صلاة خفيفة

Di pagi peristiwa penusukan itu, aku berdiri (di shaf kedua, pen.), dan tidak ada orang antara aku dengan Umar, selain Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhum. Ketika beliau bertakbir memulai shalat, kemudian saya mendengar beliau mengatakan, ‘Ada anjing yang menggigitku.’ ketika beliau ditusuk. Lalu Umar menarik Abdurrahman bin Auf untuk maju, dan beliau mengimami para sahabat dengan shalat yang ringan. (HR. Bukhari 3700, dan Ibn Hibban 6917)


Tata Caranya:

1. Imam mengisyaratkan dengan menarik orang yang dibelakang (yang paling dekat yang sah menjadi Imam) untuk menggantikannya. 

2. Orang yang menggantikan imam menyempurnakan gerakan shalat yang ditinggalkan imam. 

3. Jika imam batal shalatnya ketika ruku atau sujud, maka imam tidak bertakbir atau bertasmi (samiallahulimanhamidah) bangkit dari sujud atau ruku. (asy-Syarh al-Kabir, Hasyiyah Dasuqi, ad-Dardir, dan ad-Dasuqi, 1/350)

4. Jika yang dibelakang imam adalah Makmun masbuk, maka sang imam mengisyaratkan apa yang tertinggal dari shalatnya, misalkan mengisyaratkan dengan jarinya dengan satu jari jika  sisa satu raka'at dan mengisyaratkan dua jari jika tinggal 2 roka'at. 

Ad-Dur al-Mukhtar, wa Hasyiyah Ibnu Abidin, 1/601). 

Wallhu alam bissawab. 




Aminullah Furqoni, Lc., MA

This post have 0 comments


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post